Hasil Survei IKM Badan Kesbangpol dan Linmas Tebing Tinggi Per Januari - Maret 2019

Hasil Survei IKM Badan Kesbangpol dan Linmas Tebing Tinggi Per Januari - Maret 2019

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survey IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Kepuasan masyarakat dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik.

Berdasarkan prinsip pelayanan sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2004, yang kemudian dikembangkan menjadi 14 unsur yang relevan, valid, dan reliable, sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat, maka berdasarkan hasil pengolahan survei periode Januari - Maret 2019 dengan 20 orang responden, Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Tebing Tinggi mendapatkan nilai IKM sebesar 80,266.

Dengan adanya hasil survei ini, diharapkan kedepannya Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Tebing Tinggi dapat meningkatkan nilai pelayanan terhadap masyarakat.